Jumat, 06 November 2009

Kolam Cigugur Mendadak Makin Dipadati Masyarakat



KUNINGAN (SJB). KOLAM renang Cigugur yang merupakan salah satu obyek wisata pemandian alam di Kabupaten Kuningan. Meskipun hanya berjarak 3,5 km dari pusat kota, namun karena hanya terdapat obyek kolam renang dan ikan dewa saja, menyebabkan sedikitnya pengunjung yang datang termasuk wisman dari kota Kuningan.
     Namun belakang, tak kurang pengunjung yang berasal dari Kuningan memasuki Obyek Wisata kolam renang Cigugur berebut dengan pengunjung dari luar daerah Kabupaten Kuningan. Obyek wisata yang sehari-hari tampak sepi, belakangan setiap hari dipadati pengunjung. Para pengunjung bukan datang untuk berenang, melainkan secara kompak berebut untuk terapi ikan.
     Ditemui di tempat kerjanya, Afid (koordinator Obyek Wisata Cigugur) menjelaskan, “Awalnya kami juga heran, ratusan ikan “nilem mangut” yang menghuni kolam ini sejak puluhan tahun lalu, biasanya menghindar bila ada yang berenang atau mendekati. Namun belakangan, sekitar tiga bulan ini tiba-tiba ikan-ikan tersebut mulai memangut kaki para pengunjung, banyak pengunjung yang bolak-balik mencoba terapi ikan ini”.
     Maman (41) Salah seorang wisatawan lokal mengungkapkan “Di Jakarta memang ada terapi ikan yang sedang marak, namun selain ikan didatangkan, juga tarif ditentukan per 20 menit. Saya merasakan ada perbedaan dengan ikan yang ada di Jakarta. Ikan-ikan disini, lebih terasa kasar giginya, jadi lebih terasa dipijatnya..hehe”. Ada lagi Arifin (45), Penderita kencing manis ini merasa cocok dengan pengobatan terapi ikan ini, waktu belum terapi ikan disini, setiap nonton televisi, saya  harus memakai kacamata, alhamdulillah, setelah empat kali terapi ikan disini, saya tidak lagi memakai kacamata saat nonton tivi.
     Menurut Afid, peningkatan potensi wisata di kolam Cigugur yang mulai prospektip ini diharapkan segera mendapat perhatian dari pemkab, untuk khususnya peningkatan sarana dan prasarana. Diantaranya, banyaknya permintaan pengunjung agar adanya penataan untuk pemisahan area terapi serta pengunjung yang berenang.(dan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar