Rabu, 04 November 2009

DPD KNPI Kuningan Semakin Nyata


 
DPD KNPI Kuningan Semakin Nyata 

KUNINGAN (SJB).- DEWAN Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Kuningan nampaknya tidak mengenal lelah dalam kiprahnya membangun mental spiritual dan patriotisme melalui momentum Sumpah Pemuda kepada pemuda, pelajar dan masyarakat tentang pentingnya memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan para pemuda ketika merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

    Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk merefleksikan makna Sumpah Pemuda dalam kehidupan sekarang ini. Diantaranya, Seminar Tentang Pendidikan yang mnegusung materi ‘Mengubah Paradigma Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dalam Implementasi 8 Standar Nasional Pendidikan’, bertempat di Gelanggang Pemuda. Nara sumber Prof. DR. Mohamad Surya, Ketua DPD KNPI Prov. Jabar, Kadisdikpora Kab. Kuningan, dan Ketua PGRI Kab. Kuningan.

    Ketua DPD KNPI Kab. Kuningan, Drs. Dian Rahmat Yanuar, Msi, kepada Seputar Jabar mengatakan, selain seminar tentang pendidikan, KNPI melaksanakan kegiatan lainnya dalam rangkaian memperingati Sumpah Pemuda. Misalnya, lomba karya tulis ilmiah yang diikuti tidak kurang dari 100 peserta dari kalangan pelajar SLTP dan SLTA. “Kegiatan yang dilaksanakan DPD KNPI Kab. Kuningan pada dasarnya ingin membangkitkan semangat Sumpah Pemuda agar kembali bergelora dalam kehidupan masyarakat Kuningan,” terangnya. 

    Selain itu, lanjut Dian, kejuaraan futsal se-wilayah Cirebon bekerjasama dengan Forum Komunikasi Putra Kuningan (FKPK). Bukan hanya itu, sektor ekonomi dan pemberdayaan pengurus terus dilakukan hingga ke tingkat kecamatan. Misalnya saja, usaha perikanan kepada Pengurus Kecamatan Maleber yang melibatkan 16 orang pemuda di daerah tersebut. “Usaha lainnya yaitu bidang otomotif di Kecamatan Kramatmulya,” paparnya.

    Menurutnya, tanpa Sumpah Pemuda perjalanan tak akan tercapai, karena Kemerdekaan Negara Indonesia didorong oleh perjuangan pemuda. Sumpah Pemuda adalah proses percepatan Bangsa Indonesia menuju kehidupan yang merdeka, berdaulat adil dan makmur. “Sumpah Pemuda bukan hanya diperingati secara seremonial semata akan tetapi harus dijadikan momen penting dalam mengimplementasikan nilai-nilai patriotisme kepada bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan,” jelasnya.

    Pada kesempatan itu, Dian mengajak kepada para pemuda, pelajar dan masyarakat agar menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Hindari tawuran, narkoba dan seks bebas karena tidak sesuai dengan cita-cita para pejuang bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa dan negara. “Masih banyak cara untuk mengisi kemerdekaan, misalnya dengan meningkatkan prestasi sesuai dengan bidangnya masing-masing,” harapnya. KNPI, lanjut Dian, bukan organisasi elitis ataupun eksklusif, namun bersifat terbuka.

Di tempat terpisah, salah seorang tokoh pemuda, Yudi Setiandhi Rukmana, menyambut baik kinerja dan kiprah DPD KNPI Kab. Kuningan yang sudah dirasakan manfaatnya oleh pemuda dan masyarakat di Kabupaten Kuningan. “Sejak kepemimpinan bung Dian, KNPI Kuningan lebih solid serta peningkatan kinerja yang signifikan dan progresif,” ujarnya. Selain itu pula, imbuhnya, eksistensi DPD KNPI Kab. Kuningan sekarang ini dapat dirasakan manfaatnya oleh segenap pemuda dan masyarakat. (deha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar