Rabu, 04 November 2009

Dinkes Jabar Lakukan VCT


 
Tim Medis Dinkes Jabar melakukan VCT 
Dinkes Jabar Lakukan VCT

KUNINGAN (SJB),- UPAYA penanggulangan bahaya HIV/AIDS terus digulirkan pemerintah, baik pusat, Provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Kabupaten Kuningan. Seperti halnya kegiatan Voluntry Conseling and Testing disingkat VCT merupakan kegiatan pengambilan sampel darah dan pemeriksaan laboratorium disertai konseling pra dan pasca HIV.

    Demikian disampaikan Monev Global Found Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Anhar Hadian SKM, kepada Seputar Jabar di sela-sela kegiatan VCT bertempat di sekretariat BNK, Kabupaten Kuningan, belum lama ini. Dijelaskan, pelaksanaan VCT merupakan agenda Dinkes Provinsi Jabar untuk membantu Dinkes Kota/Kabupaten dalam upaya menanggulangi kasus HIV/AIDS.

    Tentang adanya perbedaan data administrasi penderita HIV/AIDS hasil pendataan lembaga peduli ADIS dan Komisi Penanggulangan ADIS (KPA) Provinsi Jabar, Anhar menyebutkan, laporan yang masuk ke KPA Provinsi Jabar berasal dari Rumah Sakit Umum. “Misalnya seorang pasien menderita penyakit diare yang tidak kunjung sembuh hingga bertahun-tahun, maka pasien tersebut diyakini telah tertular HIV/AIDS,” katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, pihak RSU akan melaporkan kepada KPA Prov. Jabar tentang adanya temuan kasus HIV/AIDS. Sedangkan data yang diperoleh dari Lembaga Peduli AIDS berdasarkan pemetaan dan pendampingan secara langsung kepada para penderita HIV/AIDS. “Oleh karenanya data penderita HIV/AIDS di di Kabupaten Kuningan yang tercantum di KPA Provinsi Jabar tercatat berkisar 0,08 persen, sedangkan menurut Lembaga Peduli AIDS seperti Yayasan Maha Kasih mencapai puluhan,” terangnya.   
          
Anhar mengungkapkan, setiap hasil VCT akan diinformasikan kepada orang yang telah mengikuti test. Namun demikian, pemberian informasi tersebut dikemas dalam program konseling dan pendampingan agar orang tersebut sudah siap mental ketika diketahui terbukti menderita HIV positip. Konseling dan program dampingan tersebut dilakukan Dinas Kesehatan bekerjasama Yayasan Maha Kasih Kab. Kuningan.. 

Kegiatan VCT yang dilakukan Dinkes Jabar di Kabupaten Kuningan sebelumnya bertempat di daerah Cilimus. Kegoiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Komisi Penanggulangan AIDS Kab. Kuningan, BNK Kab. Kuningan, Dinas Kesehatan Kab. Kuningan dan Yayasan Maha Kasih Kab. Kuningan. “Program VCT ini dilaksanakan di berbagai Kota dan Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat,” ujarnya. (deha)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar