Rabu, 04 November 2009

Kadaryanto : Puskesmas Harus Proaktif


 
Kadis Kesehatan Kab. Kuningan (kedua kanan) meninjau langsung kegiatan VCT.
Kadaryanto : Puskesmas Harus Proaktif


KUNINGAN (SJB),- KEGIATAN VCT yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Kuningan, disambut gembira Komisi Penanggulangan AIDS Kab. Kuningan (KPA), Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kuningan dan Dinas Kesehatan Kab. Kuningan serta DPC Granat Kab. Kuningan dan Yayasan Maha Kasih Kab. Kuningan (YMK).

    Kadis Kesehatan Kab. Kuningan, drg. Kadaryanto, MARS didampingi Direktur Yayasan Maha Kasih Kab. Kuningan, Jafar Sanjaya, kepada Seputar Jabar menjelaskan, kegiatan VCT oleh Dinkes Provinsi Jabar yang dilaksanakan di Kabupaten Kuningan sangat membantu Pemkab Kuningan dalam upaya penanganan HIV/AIDS. “Paling tidak, bisa dijadikan bahan evaluasi bagi Pemkab Kuningan melalui perangkat pendukung dalam upaya mengeliminir kasus HIV/AIDS,” terangnya.

    Kendati Kabupaten Kuningan telah memiliki Klinik VCT yang berada di daerah Cilimus, namun peralatan medis yang ada dinilai belum optimal. Sehingga dengan adanya program VCT oleh Dinkes Provinsi Jabar di Kabupaten Kuningan, merupakan peluang yang sangat bagus. Terhadap adanya perbedaan angka dalam data KPA Provinsi, Kadaryanto mengingatkan kepada seluruh puskesmas agar segera membuat pelaporan yang sistematis yang mengacu kepada Sistem Operasi Prusedural.

    “Kami sudah menginstruksikan kepada seluruh puskemas agar lebih proaktif dalam penanganan pasien yang diduga mengidap HIV/AIDS dan jika ditemukan kasus tersebut segera melaporkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan,” pintanya. Pada kesempatan itu, dia meminta kepada masyarakat agar cepat tanggap bilamana di lingkungannya ditemukan kasus HIV/AIDS. (deha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar