Rabu, 07 Oktober 2009

Aang, Granat Mitra Terdepan Pemkab


 
Ketua DPC Granat Kab. Kuningan ketika berhalal bil halal.  
Aang, Granat Mitra Terdepan Pemkab

                
KUNINGAN (SJB).- PENGURUS Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kabupaten Kuningan diharapkan dapat menjadi media efektif dalam rangka mewujudkan Kabupaten Kuningan yang bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Hal itu disampaikan Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, S.Sos pada acara Halal Bil Halal DPC Granat Kabupaten Kuningan.

    Dikatakan, langkah kongkrit yang diambil oleh komponen pengurus dan DPC Granat dalam upaya melebarkan jejaring penanganan narkoba sangatlah tepat dan strategis. Karena didasari kenyataan yang dihadapi bahwa penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sudah merupakan permasalahan serius, baik  di tingkat Kabupaten, provinsi dan nasional. “Bahkan menjadi fokus utama  bagi negara-negara pada kawasan regional serta internasional,” katanya.

    Pada kesempatan itu Aang mengingatkan, upaya untuk menekan penyalahgunaan dan perdedaran gelap narkoba, harus diawali oleh komitmen dan tekad dari diri sendiri, lingkungan keluarga hingga kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selaras dengan visi Kabupaten Kuningan yaitu ‘Kuningan Lebih Sejahtera Berbasis Pertanian dan Pariwisata Yang Maju Dalam Lingkungan Lestari dan Agamis Tahun 2013’. Oleh karenanya, peran Granat merupakan salah satu elemen kemitraan yang menjadi prasyarat dalam mencapai keberhasilan pembangunan daerah dengan segala keunggulan keberhasilan maupun tantangannya.

    Upaya penanganan narkoba, kata Aang, tidak diorientasikan pada pencegahan semata, namun menuntut upaya penegakan hukum dan tindakan repesif sebagai bentuk stressing terhadap pihak-pihak tertentu untuk menutup kesempatan dan ruang bagi siapapun yang akan melakukan tindakan penyalahgunaan narkoba. “Saya berpesan kepada seluruh pengurus Granat agar menjadi mitra terdepan Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam bidang pencegahan penyalahgunaan narkoba,” harapnya.

    Sementara itu, Ketua DPC Gramat Kabupaten Kuningan, Drs. H. Yosep Setiawan, MSi didampingi Wakil Sekretaris, Samsudin, SPd, kepada Seputar Jabar mengatakan, sekarang ini Indonesia bukan lagi sebagai negara pemakai narkoba tetapi sudah dikenal sebagai negara produsen. Produk narkoba dari Indonesia dieskpor ke mancanegara. “Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sudah tidak mengenal batas wilayah, status sosial, usia, mulai dari pelajar, mahasiswa, PNS maupun anggota Polri dan TNI tidak tertutup kemungkinan dapat menjadi korban dari barang haram tersebut,” terangnya.

    Langkah yang harus dilakukan oleh pengurus Granat, lanjut dia, pertama, dalam melaksanakan tugas harus bersikap simpatik, taat pada peraturan perundang-undangan dan selalu berkoordinasi dengan aparat berwenang. Kedua, ajak dan raih tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda untuk bekerjasama memberantas penyalahgunaan narkoba secara sistematis dan realistis. “Dan yang lebih penting lagi mari kita jadikan narkoba sebagai musuh bersama,” ajaknya. (deha)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar