Senin, 24 Agustus 2009

Luncurkan Program Galaksi


 
Karang Taruna & Kejari Kuningan
Luncurkan Program Galaksi

KUNINGAN (SJB).- UPAYA menumbuhkan sifat kejujuran harus dimulai sejak dini. Baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun bermasyarakat. Seperti halnya kegiatan organisasi Karang Taruna ketika menyelenggarakan Program Gerakan Langsung Anti Korupsi Sejak Dini (Galaksi) terhadap para pelajar di lingkungan sekolah. Demikian dikatakan Ketua Karang Taruna Kab. Kuningan, Juju Junaedi didampingi Ketua Panitia Eka Candra, kepada Seputar Jabar.

    Program Galaksi di lingkungan sekolah bertujuan untuk memujudkan keterpaduan antara masyarakat dan pemerintah dalam rangka menanamkan nilai-nilai kejujuran sejak dini kepada generasi muda.”Kegiatan ini meningkatkan peran serta karang taruna di semua tingkatan dalam rangka mendukung pembinaan masyarakat taat hukum atau Binmatkum,” katanya. Bukan hanya itu, pihaknya juga sedang melaksanakan Pelatihan Kader Penyuluh Karang Taruna dalam bidang Pencegahan Penularan HIV/AIDS dan Bahaya Narkoba di tingkat kecamatan se Kabupaten Kuningan.

    Untuk mewujudkan program tersebut, kata dia, di sela-sela peresmian Kantin Kejujuran SMAN 1 Cilimus, dilakukan penandatanganan kerjasama antara Karang Taruna Kab. Kuningan dengan Kejaksaan Negeri Kuningan, Departemen Agama Kab. Kuningan, Dinas Pendidikan Dan Pora Kab. Kuningan serta Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kab. Kuningan. Program Galaksi ini, merupakan lanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan di SMKN 2 Kuningan, SMAN Cigugur dan SMAN 3 Kuningan. Hal yang sama juga diadakan di daerah lain seperti Mandirancan, Cibingbin dan Dinsosnaker Kuningan.

    Menurutnya, Program Galaksi berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 1974 Tentang Ketentuan Pokok Kesejahteraan Sosial. Kemudian, Keputusan Menteri Sosial RI No. 83/HUK/2005 Tentang Pedoman Dasar Karang Taruna yang dilanjutkan dengan perjanjian antara Karang Taruna Provinsi Jawa Barat dengan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan Kanwil Depag Jawa Barat serta para bupati/walikota se Provinsi Jawa Barat. “Kegiatan Galaksi di Kuningan dibiayai dari bantuan Bupati Kuningan Tahun Anggaran 2008,” terangnya.

    Sementara itu, Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda mengatakan, Gerakan Anti Korupsi Sejak Dini harus dibangun dan dimulai dari rumah tangga, keluarga dan interaksi keluarga melalui keteladanan para pemimpinnya. Kantin kejujuran sebagai upaya preventif dan edukatif dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran dan moral yang sangat diperlukan untuk menumbuhkan sikap anti korupsi sejak dini.  “Esensi yang akan dicapai adalah terimplementasikannya upaya penyuluhan hukum kepada masyarakat, baik yang telah mengerti hukum maupun yang belum,” ujarnya. (deha)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar