Senin, 07 September 2009

Satlak PBP Kuningan Cepat Tanggap



Sekda Kuningan saat diwawancara Kabiro Seputar Jabar Kuningan
 
Penanganan Dampak Gempa Di Tasikmalaya :
Satlak PBP Kuningan Cepat Tanggap

KUNINGAN (SJB).- KENDATI anggaran untuk penanganan bencana alam di Kabupaten Kuningan kerap menjadi kendala, namun Satlak Penanganan Bencana dan Penukiman (PBP) yang dipimpin Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, nampaknya cepat tanggap dalam mengatasi persoalan bencana alam yang terjadi di Kabupaten Kuningan.

Seperti halmya bencana alam yang terjadi di Tasikmalaya yang berdampak kepada geografis di Kabupaten Kuningan beberapa waktu lalu. Tidak kurang 346 rumah penduduk rusak berat maupun ringan. Bahkan dua buah gedung SD, satu SMP serta satu MI tak luput dari bencana tersebut. Meskipun bencana alam yang diakibatkan getaran gempa di Tasikmalaya tersebut tidak menimbulkan adanya korban jiwa bagi masyarakat Kab. Kuningan, namun ratusan rumah penduduk rusak berat dan ringan sehingga perlu penanganan dan bantuan secara cepat.

    Ketua Satlak Penanganan Bencana dan Pemukiman (PBP) Kabupaten Kuningan  melalui Sekretaris Daerah, Drs. H. Djamaludin Noer, MM, kepada Seputar Jabar menyebutkan, gempa di Tasikmalaya telah berdampak kepada rusaknya ratusan rumah penduduk yang ada di 8 kecamatan. Misalnya saja terjadi di Kecamatan Kadugede, Darma, Salajambe dan Subang serta Cilebak. Begitu pula di Kecamatan Ciwaru, Karangkancana dan Ciwaru. “Hingga saat ini kami belum menemukan adanya korban jiwa dan mudah-mudahan tidak terjadi,” ungkapnya.

    Untuk membantu masyarakat yang menjadi korban akibat genpa tersebut, PBP Kab. Kuningan telah berupaya tanggap darurat. Penanganan awal yaitu bantuan kepada korban berupa penyaluran 100 selimut yang terbuat dari bahan vanel,  pemberian ratusan dus makanan instant, dua ton beras dan 60 buah tenda. Selain itu, Tim Penggerak PKK Kab. Kuningan melalui Program Rereongan Sarumpi berperan aktif dalam membantu meringankan penderitaan korban dampak gempa. Bahkan Pemda Provinsi Jawa Barat turut serta memnberikan bantuan berupa 50 dus mie instant. Tidak hanya itu, pihak swasta seperti Jamsostek turut membantu dalam bentuk uang tunai.

    “Satlak PBP Kabupaten Kuningan senantiasa tanggap darurat dalam menghadapi persoalan bencana alam, “ terangnya. Lebih lanjut dijelaskan, Satlak PBP Kab. Kuningan yang dipimpin Bupati Kuningan dan dibantu Wakil Bupati, Asisten Pembangunan dan Dinas Nakertrasos berupaya semaksimal mungkin dalam mengatasi persoalan bencana alam dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana. (deha)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar