Minggu, 31 Juli 2011

Kasubag Polres Kunjungi ‘Seputar Jabar’


KUNINGAN.- KASUBAG Humas Polres dan Kasubag Sekretariat DPRD Kuningan, secara bersamaan berkunjung ke Seputar Jabar Biro Kuningan, jalan Otista No. 2 Pasapen Kuningan.  Kunjungan itu untuk meningkatkan jalinan kemitraan antara Polres maupun DPRD Kuningan dengan insan Pers, khususnya, redaksi Seputar Jabar Biro Kuningan.
Kunjungan Kasubag penjaga gerbang informasi itu, cukup mengejutkan. Betapa tidak, kehadiran dua pejabat humas berbeda instansi tersebut, tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu. “Saya atas nama Polres Kuningan bermaksud ingin lebih mengenal lebih dekat rekan-rekan media dan pekerja jurnalistik di Kabupaten Kuningan,” kata Aiptu Agus Tri.
Substansi perbincangan, lebih terfokus kepada pemberdayaan dan menelaah format yang ideal terhadap kinerja insan Pers sesuai tupoksinya. Disebutkan Agus, keberadaan lembaga humas di Polres Kuningan, baru beberapa bulan, sehingga ia belum mengenal secara dekat dengan para wartawan. “Ketika ada kegiatan banyak wartawan yang datang, tapi arsip pemberitaan, jumlahnya bisa dihitung dengan jari,” katanya.
Oleh karenanya, ia sengaja berkunjung ke redaksi Seputar Jabar Biro Kuningan dan akan dilanjutkan mengunjungi biro media lainnya. Disebutkan, kendati koran Seputar Jabar terbit mingguan, namun dinilainya aktif menyajikan pemberitaan kegiatan Polres Kuningan. “Saya berharap, koran Seputar Jabar dapat terus bersinergis dengan Humas Polres Kuningan, agar informasi kegiatan Polres Kuningan bisa tersebar lebih luas,” harapnya.
 Sementara itu, Kasubag Humas Sekretariat DPRD Kuningan, Yunus Suparman, SE, mengatakan, di era kebebasan Pers dan keterbukaan informasi yang ditunjang pesatnya teknologi informatika, semakin mempermudah berdirinya bisnis media massa. Hanya saja, perlu ditunjang kualitas SDM di bidang jurnalistik maupun manajemen media. “Informasi yang disajikan, sebaiknya selaras dengan kode etik pers serta aturan yang ada,” harapnya.
Ditanya soal kemitraan, pejabat yang cukup dikenal akrab dengan para kuli tinta itu menambahkan, koran Seputar Jabar merupakan salah satu media cetak yang aktif mengekpose kegiatan DPRD Kuningan. “Apalagi koran Seputar Jabar memiliki karakteristik pemberitaan yang tegas, lugas dan obyektif, sehingga disukai para anggota DPRD Kuningan,” paparnya.
           Pertemuan berlangsung hampir dua jam, menghasilkan persamaan persepsi dalam upaya peningkatan jalinan koordinasi dan sinergitas, antara redaksi Seputar Jabar Biro Kuningan dengan Polres Kuningan maupun DPRD Kuningan. Kedua lembaga tersebut memandang pentingnya penyebaran informasi hingga ke tingkat Provinsi Jawa Barat. (deha).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar