Senin, 04 Agustus 2008

Kuningan Tuan Rumah HUT PMI Tingkat Jabar



Keterangan foto :
Ketua PMI Cab. Kuningan, Hj. Itjeu CH Suganda

Kuningan Tuan Rumah HUT PMI Tingkat Jabar

KUNINGAN (SJB).- SEBANYAK lima Kepala Daerah dan satu Wakil Kepala Daerah serta lima Ketua DPRD, menerima Lencana Jasa Utama dan Jasa Madya dari PMI Pusat pada HUT PMI ke-63 Tahun 2008 Tingkat Provinsi Jawa Barat, bertempat di Pandapa Paramarta, Kabupaten Kuningan, belum lama ini. Masing-masing, Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S.Sos, Bupati Bogor H. Agus Utara Effendi, S.Ip, Bupati Bandung H. Obar Sobarna, S,Ip dan Bupati Indramayu H. Irianto MS Syafrudin serta Bupati Purwakarta H. Dedi Mulyadi, SH. Kemudian Ketua DPRD Kuningan H. Yudi Budiana, SH, Ketua DPRD Kab. Bogor Drs. H. Rachmat Yasin, MM, Ketua DPRD Kab. Bandung Drs. H. Agus Yasmin. MSi dan Ketua DPRD Kab. Indramayu H.M Hasyim Junaedi, Sag, MBA serta Ketua DPRD Kab. Purwakarta dr. H. Sigit Soeroso. Lalu Wakil Bupati Bogor H. Albert Pribadi.

Ketua PMI Cabang Kuningan Ny. Hj. Itjeu CH Suganda didampingi Panitia Penyelenggara, Drs. H. Yayan Sofyan, MM, kepada Seputar Jabar menjelaskan, rangkaian kegiatan HUT PMI tahun ini, diisi dengan Pencanangan Donor Darah Remaja yang diselenggarakan sejak Bulan Agustus 2007 hingga Juni 2008 dan telah menghimpun 10.228 remaja untuk menjadi donor darah pemula. Program Donor Darah Remaja tersebut, merupakan salah satu indikator keberhasilan kinerja PMI Cabang Kab. Kuningan untuk membantu penyediaan darah di tingkat provinsi. Disamping pemberian penghargaan kepada Bupati dan Ketua DPRD, juga penghargaan kepada tiga pendonor darah sebanyak 70 hingga 100 kali disertai uang kadeudeuh dari Gubernur Prov. Jawa Barat. Kegiatan lainnya adalah khitanan dan nikah masal bagi masyarakat tidak mampu, kemudian Pameran Foto PMI Daerah Jawa Barat, Cabang Kabupaten dan Kota se Provinsi Jawa Barat. Selain itu, pemberian bantuan kepada anak SD, Remaja dan Lansia yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua PMI Daerah Jabar, Drs. H. Karna Suwanda.

Dikatakan, organisasi sosial yang dipimpinnya selalu aktif dan tidak mengenal lelah dalam upaya membantu masyarakat. Dalam melaksanakan tugasnya, jelas Ibu Cantik isteri Bupati Kuningan itu, PMI Cabang Kuningan senantiasa mengacu kepada tujuh prinsip dasar gerakan Palang Merah Indonesia dan Bulan Sabit Merah, antara lain, kemanusiaan, kesukarelaan, kenetralan dan kesamaan serta kemandirian, kesatuan dan kesemestaan. Oleh karena itu, lanjutnya, PMI bekerja tanpa pamrih dalam menolong sesama, tidak membeda-bedakan orang, suku bangsa serta sanggup bekerja dimanapun dan kapanpun bila dibutuhkan.

Disamping itu, tugas PMI tidak hanya sebatas pertolongan dalam bentuk bantuan darah saja, tetapi kinerja PMI juga berperan dalam tugas-tugas kemanusiaan lainnya, seperti halnya, menolong masyarakat yang terkena bencana alam atau memberikan informasi kepada ibu-ibu hamil dan menyusui tentang pentingnya asupan gizi dan lain sebagainya. PMI Cabang Kuningan beserta pengurusnya, menurutnya, bukan sekedar formalitas kelembagaan namun lebih merupakan sebuah amanat untuk mengabdi dan berkiprah dengan tulus demi kemanusiaan. “Sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan, PMI sudah mendapat pengakuan sebagai wadah yang mampu menyediakan pelayanan yang efektif, efesien serta tepat waktu,” katanya.

Menurutnya, apa yang telah dicapai selama ini, tidak terlepas dari peran aktif masyarakat dan Pemda Kuningan yang telah banyak membantu kegiatan PMI Cabang Kuningan. Dicontohkannya, Bulan Dana PMI di Tahun 2007, mengalami peningkatan sebesar 38 persen dibandingkan pada Tahun 2006. Angka peningkatan tersebut merupakan barometer tingginya partisipan dan kepedulian masyarakat Kabupaten Kuningan terhadap eksistensi PMI. “Saya mengucapkan terimakasih kepada semua kalangan atas partisipasi dan kepeduliannya dalam upaya membantu dan mendukung serta mensukseskan program kerja PMI Cabang Kuningan,” katanya menutup pembicaraan. (deha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar