Minggu, 26 Juni 2011

Barak Apresiasi Satyalencana Wirakarya

Nana Rusdiana, SAp

KUNINGAN (SJB).- PRESTASI Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, S.Sos, yang mendapat penghargaan Satyalencana Wirakarya dari Presiden RI pada kegiatan pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XIII Tahun 2011 di Kutai Kartanegara Kaltim. beberapa waktu lalu, mendapat apresiasi dari Ketua Barisan Rakyat Kuningan (Barak) Nana Rusdiana (26/6).
            Kepada Seputar Jabar, ia menjelaskan, upaya Bupati Kuningan terhadap pengabdian, motivasi dan kemandirian petani untuk meningkatkan pertanian dalam arti luas serta sistem dan usaha agribisnis, dinilai positip. Paling tidak, Bupati Kuningan memiliki kemauan untuk menjaga ketahanan pangan, menjaga produksi dan produktifitas  beras secara surplus serta peningkatan produksi melalui perbaikan sarana dan prasarana serta peningkatan cadangan pangan, melalui pengikatan kelembagaan pangan.
            Oleh karena itu, ia mendorong kepada Bupati Kuningan beserta jajarannya untuk melakukan pemetaan lahan produktif pertanian di Kabupaten Kuningan. Menurutnya, ada kekhawatiran luas lahan produktif semakin berkurang karena beralih fungsi menjadi lokasi pemukiman, perkantoran dan bisnis.
Nana menyebutkan, Undang-undang RI Nomor 41 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, dinyatakan, pertanian pangan adalah usaha manusia untuk mengelola lahan dan agro-ekosistem dengan bantuan teknologi, modal, tenaga kerja, dan manajemen untuk mencapai kedaulatan dan ketahanan pangan serta kesejahteraan rakyat.
          Ia berharap pembangunan sektor pertanian bisa diaktualisasikan sesuai visi dan misi Kabupaten Kuningan, sehingga lahan pertanian pangan berkelanjutan bisa secara konsisten menghasilkan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan nasional, termasuk di wilayah Kabupaten Kuningan. “Penghargaan yang diterima Bupati Kuningan, merupakan motivasi bagi dinas instansi terkait untuk lebih meningkatkan kinerja, sinergitas dan koordinasi,” ujarnya. (deha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar